Liverpool wajib berhati-hati saat menjamu Manchester City, Minggu (7/2) malam. Kini, The Citizens unggul di lini belakang mereka gegara pemain ini.

Ruben Dias telah tunjukkan perbedaan besar di kedua ujung lapangan, sejak ia datang dari Benfica pada musim panas lalu – sama seperti Van Dijk.

Akhir pekan ini tentunya menjadi momen besar bagi The Reds, saat City berada dalam kekuatan penuh di lini serang mereka, dan berhasil mencetak gol-gol terbang dari berbagai sudut.

Ada enam tim di Liga Premier yang berhasil setidaknya mencetak 90 gol liga dalam satu dekade terakhir, di mana City bertanggung jawab atas lima di antaranya – dan skuad The Reds yang saat itu masih diasuh Brendan Rodgers pada musim 2013/14 menjadi tim yang keenam.

Namun sukses mereka sejauh musim 2020/21 ini, lebih disebabkan pada bagusnya penampilan lini pertahanan mereka yang mengesankan. Setelah melewati setengah jalan di musim ini, City hanya kurang empat dari total clean sheet mereka musim lalu, di samping hanya menangkan satu laga lebih sedikit dengan satu gol.

Bagian besar dari peningkatan di lini belakang mereka adalah akuisisi Dias dari Benfica, yang senilai 62 Juta Poundsterling, dan nilai itu telah membuat City bukukan transfer Liga Premier termahal kedua di musim panas tahun lalu.

Tapi apa yang terjadi di lapangan jauh lebih penting, di mana City akan memiliki sedikitnya satu keunggulan pada akhir pekan ini. Yakni, mainkan pemain andalan mereka di lini belakang di saat Liverpool kehilangan banyak pemain di posisi yang sama.

Hebatnya lini pertahanan skuad Pep Guardiola itu diyakini akan timbulkan masalah serius bagi The Reds dalam mencetak gol, dan hal itu tak perlu diragukan lagi. Hal inilah yang kemungkinan besar akan ditunjukkan Dias, dan perlu diwaspadai The Reds.

Lihat Juga:  Karim Benzema Dipanggil Timnas, Lloris Beri Respons

Pemain City bernomor punggung tiga itu dipuji dalam hal penguasaan bola, dan bisa mengirimnya dengan sangat baik dari posisi yang dalam. Menjelang laga akhir pekan ini, menurut data FBRef yang dilansir LiverpoolECHO, Ruben Dias telah selesaikan 263 umpan jauh, dan itu menjadi koleksi terbanyak di Liga Premier.

Sementara dia berusaha tampil lebih dari kebanyakan pemain, tingkat keberhasilan yang ditorehkannya bisa mencapai 85,9 persen dan ini juga menjadi terbaik keenam di kompetisi sepak bola teratas Inggris ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.